TUGAS PORTOFOLIO 3


ABSTRAK

Laila Fitri Nur Hidayah (A310120229). Azmi Ronayati (A310120236). Desti Kurniasari (A310120243). Riyana Lili Lestari (A310120245), Pembelajaran Membaca Pemahaman. Program Studi Pendidikan Bahasa Sasra Indonesia dan Daerah FKIP UMS, 2012.
Kata Kunci      : Membaca Pemahaman Metode PQ4R
Masalah yang diangkat dalam makalah ini adalah apakah yang dimaksud membaca pemahaman, aspek-aspek apa yang meliputi membaca pemahaman, apa tujuan membaca pemahaman, bagaimana tingkatan membaca pemahaman, bagaimana langkah-langkah membaca pemahaman, bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan strategi PQ4R, apa kelebihan metode PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman, dan apa kekurangan metode PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui devinisi membaca pemahaman, mengatahui aspek-aspek membaca pemahaman, mengetahui tujuan membaca pemahaman, mengetahui tingkatan membaca pemahaman, mengetahui langkah-langkah membaca pemahamam, menjelaskan pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan srtategi PQ4R, menjelaskan kelebihan strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman, dan menjelaskan kekurangan strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman.
Makalah penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data sekunder. Pengumpulan data sekunder adalah pengumpulan data melalui referensi buku. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif yaitu setelah pengumpulan data, selanjutnya bergerak dalam empat komponen analisis : pengumpulan, reduksi data, sajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan atau berlangsung dalam proses siklus interaktif.
Hasil penelitian dalam makalah ini menunjukan bahwa membaca pemahaman adalah membaca suatu bacaan, dapat menerjemahkan bacaan tersebut agar lebih mudah dipahami serta dapat memahami ide pokok dan dihubungkan dengan implikasi dan konsekuensinya. Aspek-aspek dalam membaca pemahaman meliputi memahami pengertian sederhana, memahami signifikansi atau makna, evaluasi atau penilaian, dan kecepatan membaca yang fleksibel. Kegiatan membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam serta pemahaman tentang apa yang dibaca. Ada empat tingkatan atau kategori pemahaman membaca, yaitu literal, inferensial, kritis, dan kreatif. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membaca, yaitu menentukan tujuan membaca, preview, membaca secara keseluruhan isi bacaan dengan cermat, dan mengemukakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kalimat dan kata-kata sendiri pelaksanaan membaca pemahaman dapat menggunakan berbagai metode, salah satunya metode PQ4R, yaitu Preview, Question, Read, Reflek, Recite, dan  Review. Membaca pemahaman dapat diterapkan dalam berbagai jenjang pendidikan, karena mudah dipahami dan efisien. Penerapan membaca pemahaman dengan metode PQ4R memiliki kelebihan, yaitu sangat tepat digunakan dalam pengajaran pengetahuan yang bersifat deklaratif, dapat membantu daya ingat lemah, mudah diterapkan pada semua jenjang pendidikan, mampu meningkatkan kemampuan dalam keterampilan bertanya dan mengkomunikasikan pengetahuannya, dapat menjangkau materi pelajaran dalam cakupan yang luas. Selain kelebihan PQ4R juga memiliki kelemahan, yaitu tidak tepat diterapkan pada pengajaran pengetahuan yang bersifat prosedural, sangat sulit dilaksanakan jika sarana seperti buku mahasiswa tidak tersedia, dan tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah yang terlalu besar.