ABSTRAK
Laila Fitri Nur Hidayah (A310120229). Azmi Ronayati (A310120236). Desti Kurniasari (A310120243). Riyana Lili Lestari (A310120245), Pembelajaran
Membaca Pemahaman. Program Studi Pendidikan Bahasa Sasra Indonesia dan Daerah FKIP UMS,
2012.
Kata Kunci : Membaca
Pemahaman Metode PQ4R
Masalah yang
diangkat dalam makalah ini adalah apakah yang dimaksud membaca
pemahaman, aspek-aspek apa yang meliputi membaca pemahaman, apa tujuan
membaca pemahaman, bagaimana
tingkatan membaca pemahaman, bagaimana langkah-langkah
membaca pemahaman, bagaimana
pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman
dengan strategi PQ4R, apa
kelebihan metode PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman, dan apa kekurangan
metode PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman. Makalah ini
bertujuan untuk mengetahui
devinisi membaca pemahaman, mengatahui aspek-aspek membaca pemahaman, mengetahui tujuan
membaca pemahaman, mengetahui
tingkatan membaca pemahaman, mengetahui langkah-langkah
membaca pemahamam, menjelaskan
pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan srtategi PQ4R, menjelaskan
kelebihan strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman, dan
menjelaskan
kekurangan strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman.
Makalah penelitian
ini menggunakan metode pengumpulan data sekunder. Pengumpulan data sekunder
adalah pengumpulan data melalui referensi buku. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan metode analisis interaktif yaitu setelah pengumpulan data,
selanjutnya bergerak dalam empat komponen analisis : pengumpulan, reduksi data,
sajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan atau berlangsung dalam proses
siklus interaktif.
Hasil penelitian
dalam makalah ini menunjukan bahwa membaca pemahaman adalah membaca suatu
bacaan, dapat menerjemahkan bacaan tersebut agar lebih mudah dipahami serta
dapat memahami ide pokok dan dihubungkan dengan implikasi dan konsekuensinya.
Aspek-aspek dalam membaca pemahaman meliputi memahami pengertian sederhana, memahami
signifikansi atau makna, evaluasi atau penilaian, dan kecepatan membaca yang
fleksibel. Kegiatan membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan yang bertujuan
untuk mendapatkan informasi yang mendalam serta pemahaman tentang apa yang
dibaca. Ada empat tingkatan atau kategori pemahaman membaca, yaitu literal,
inferensial, kritis, dan kreatif. Langkah-langkah
yang perlu dilakukan dalam membaca, yaitu menentukan tujuan membaca, preview,
membaca secara keseluruhan isi bacaan dengan cermat, dan mengemukakan kembali
isi bacaan dengan menggunakan kalimat dan kata-kata sendiri pelaksanaan membaca pemahaman
dapat menggunakan
berbagai metode, salah satunya metode
PQ4R, yaitu Preview,
Question,
Read,
Reflek,
Recite,
dan Review. Membaca
pemahaman dapat diterapkan dalam berbagai jenjang pendidikan, karena mudah
dipahami dan efisien. Penerapan membaca pemahaman dengan metode PQ4R memiliki
kelebihan, yaitu sangat tepat digunakan dalam pengajaran pengetahuan yang
bersifat deklaratif, dapat membantu daya ingat lemah, mudah diterapkan pada
semua jenjang pendidikan, mampu meningkatkan kemampuan dalam keterampilan
bertanya dan mengkomunikasikan pengetahuannya, dapat menjangkau materi
pelajaran dalam cakupan yang luas. Selain kelebihan PQ4R juga memiliki
kelemahan, yaitu tidak tepat diterapkan pada pengajaran pengetahuan yang
bersifat prosedural, sangat sulit dilaksanakan jika sarana seperti buku
mahasiswa tidak tersedia, dan tidak efektif dilaksanakan pada kelas dengan
jumlah yang terlalu besar.
0 Response to "TUGAS PORTOFOLIO 3"
Posting Komentar