Tugas portofolio 1 reproduksi bacaan "ILMU KEALAMAN DASAR", penulis TIM IAD MKU UMS & TIM MUP (2008)


TUGAS  MATA KULIAH
MEMBACA KOMPREHENSIF
RESENSI BUKU ILMU KEALAMAN DASAR
DOSEN PENGAMPU :  M FAKHRUR SAIFUDIN, M.Pd



OLEH :
LAILA FITRI NUR HIDAYAH   
A310120229

KELAS 2F
 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2013

   RESENSI BUKU
ILMU KEALAMAN DASAR

Judul               : Ilmu Kealaman Dasar
Pengarang  : TIM IAD MKU UMS & TIM MUP           
Penerbit           : Muhammadiyah University Press
Halaman          : 165 halaman
Terbit               : 2008
Harga              : Rp15.000,00


Buku yang berjudul Ilmu Kealaman Dasar adalah buku wajib untuk mata kuliah umum Ilmu Kealaman Dasar atau Ilmu Alamiah Dasar. Buku ini digunakan di jenjang universitas yang sudah memiliki penjurusan yang berbeda-beda. Ada yang berbasis eksak maupun non eksak. Ketika sudah berbasis eksak maka dalam mempelajari buku ini tidak terlalu banyak kesulitan yang dihadapi karena buku ini mengkaji persoalan tentang IPA. Buku ini menggunakan bahasa yang sederhana dan umum untuk dimengerti seluruh kalangan.
Buku ini dalam bab I mengkaji tentang ilmu pengetahuan. Bagaimana ilmu pengetahuan itu tercipta dan perkembangannya sampai saat ini. Mulai dari keterbatasan alat indra manusia kemudian muncul mitos dan akhirnya tercipta ilmu pengetahuan yang didukung dengan penelitian menggunakan alat-alat modern saat ini. Setelah mengetahui pengetahuan umum tentang alam pikir manusia maka di bab berikutnya buku ini mengkaji Perkembangan dan Pengembangan IPA. IPA memiliki tiga tahapan pengertian di dalamnya seperti produk IPA,  proses IPA, nilai dan sikap ilmiah.
Bab III dalam buku ini berjudul Bumi dan Alam Semesta. Banyak hal baru dan menarik dalam bab ini yang bisa ditemukan seperti data spesifik jarak matahari dengan planet-planetnya, berbagai teori revolusi, asal panas matahari, nama-nama lain dari plant-planet tatasurya, fakta menarik tentang komet yang teryata bukan bintang, asal bintang beralih, dan masih banyak lagi hal-hal lain yang akan didapat dari buku ini. Selain itu pada bab-bab selanjutnya, penulis memaparkan keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya, makhluk hidup dalam ekosistem alami, sumberdaya alam dan lingkungan, ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia, perkembangan teknologi penting, isu-isu lingkungan.
Kelebihan buku ini di antaranya, yaitu pada setiap bab memiliki tujuan pembelajaran dan tujuan khususnya sehingga pendidik dapat fokus pada tujuan tersebut dalam pembelajaran. Pada setiap bab memiiki rangkuman materi pada akhir bab. Selain itu juga terdapat latihan soal untuk menguji kepahaman peserta didik. Buku ini juga menyertakan catatan kaki seperti di halaman 70 yang menjelaskan tentang penggantian status planet pluto sebagai planet dan di halaman 71 yang menjelaskan bahwa hewan juga dapat menyimpan cadangan makanannya seperti tumbuhan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Dari kelebihan-kelebihan tersebut ada hal menarik yang membedakan buku ini dengan buku IPA yang lain yaitu di beberapa bab dicantumkan ayat-ayat Al-Quran untuk memperjelas fakta-fakta keilmiahan dari sudut pandang islam yang telah diwahyukan oleh Allah SWT sebagai petunjuk untuk para manusia di bumi ini, seperti di halaman 12, 37, 46, 51, 52, 53, 56, 58, 61,  dan masih ada yang lain yang dapat lebih membuka wawasan keilmuan dan keislaman pembaca
Buku ini juga mempunyai kelemahan, diantaranya pada bab III tidak terdapat rangkuman seperti bab-bab lain. Pada bab III yang mengkaji tentang keaneka ragaman makhluk hidup dan persebarannya seperti asal mula kehidupan dengan teori abiotik dan biotik yang melibatkan alat-alat tertentu di buku ini tidak mencantumkan gambar sehingga pembaca yang non IPA akan sulit untuk berimajinasi dengan kalimat-kalimat tersebut. Selain untuk alat-alat praktikum di buku ini juga membahas tentang makhluk mikro organisme, yaitu monera dan protista yang sulit untuk diimajinasikan, sehingga gambar sangat dibutuhkan di sini. Buku ini dibuat untuk umum sehingga cara penulisannya sedikit berbeda dengan buku IPA yang dikaji oleh kalangan orang-orang IPA. Pada buku IPA umumnya menggunakan sedikit kata-kata dan banyak rumus pasti dengan perhitungan bukan dengan banyak pemaparan panjang dan hanya terdapat sedikit rumus seperti di halaman 27, buku IPA  cenderung langsung membahas pokok permasalahan.
Dengan demikian secara keseluruhan buku ini bagus untuk kalangan mahasiswa, serta banyak ilmu pengetahuan baru yang dapat diperoleh dalam buku ini. Buku ini juga dapat bermanfaat untuk pembaca secara umum karena buku ini mengkaji bagaimana kita selaku manusia dapat dengan bijak memanfaatkan sumber daya alam yang ada tanpa merugikan alam. Setelah membaca buku ini akan banyak mendapatkan ilmu terapan yang dapat diterapkan di kehidupan bermasyarakat sehari-hari.    

0 Response to "Tugas portofolio 1 reproduksi bacaan "ILMU KEALAMAN DASAR", penulis TIM IAD MKU UMS & TIM MUP (2008)"

Posting Komentar